BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Kaba klasik Minangkabau merupakan sebuah karya sastra yang termasuk
kedalam karya sastra berbentuk prosa. Kaba merupakan suatu karya sastra yang
sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat minangkabau, umumnya berisi kritikan
sosial terhadap realitas yang ada disekitar pengarangnya.
Awalnya kaba ini disampaikan dalam
bentuk lisan oleh “tukang kaba” kepada penggemarnya , dimana proses
penyampaiannya adalah dengan cara berdendang, diiringi dengan bunyian-bunyian
yang khas Minangkabau seperti rabab atau
saluang. Kaba sebagai karya sastra Minangkabau masih diminati oleh masyrakat
sekarang, karena didalam terdapat unsur-unsur didikan dari cerita-cerita
tokoh-tokoh yang disampaikan dalam kaba ini.
Untuk memudahkan pemahaman terhadap
karya sastra Minangkabau yang berupa kaba ini diperlukan sebuah analaisis,baik
itu dianalisis untuk unsur-unsur yang terkandung dalam karya sastra maupun
menganalisis karya sastra melalui perbandingannya dengan unsur-unsur diluarnya,
yaitu kebudayaan pada umumnya. Selain itu analisis juga dapat dilakukan dengan
pendekatan ekstrinsik.
2.
Masalah
ü Bagaimana usur-unsur
implikasi kebudayaan terhadap tokoh pada kaba Sabai Nan Aluih
ü Apasaja unsure-unsur
yang terdapat dalam kaba Sabai Nan Aluih
3.
Tujuan
ü Menjelaskan dengan
teori structural unsure-unsur yang terdapat dalam kaba Sabai Nan Aluih
ü Menjelaskan
fenomena-fenomena yng terjadi dalam kaba
Sabai Nan Aluih
BAB II
ANALISIS SABAI NAN ALUIH
1.Sinopsis Kaba
sabai nan aluih
Judul :Sabai nan
aluih
Karya: M.
Rasyid Manggis Dt.R.Penghulu
Kaba Sabai Nan Aluih menceritakan kisah Sabai Nan
Aluih denagan Rajo Nan Panjang yang telah membunuh ayahnya. Dengan dengan rasa
emosi kemudian Sabai Nan Aluih juga membunuh Rajo Nan Panjang.
Kisahnya berawal dari kunjungan Rajo Nan Panjang kerumah
Rajo Babandiang. Dia malihat Sabai Nan Aluih anak Rajo Babandiang sangat cantik
jelita.kemudian dia jatuh hati kepada Sabai Nan Aluih dan ingin meminangnya.
Dan pada waktu itu juga Rajo Nan Panjang berniat untuk melamar Sabai Nan Aluih, dia adalah
sahabat karib dari bapaknya yang umurnyapun sama, secara fisik sudah tidak
pantas. Tapi Sabai Nan Aluih juga tidak
suka dengan Rajo Nan Panjang tersebut.
Rajo Babandiang kemudian meminta waktu untuk
menjawab lamarannya tersebut. Setelah beberapa hari tiba waktu untuk menjawab,
kemudian Rajo Babandiang pergi untuk memenuhi janjinya tersebut meski dalam
hatinya Rajo Babandiang juga tidak suka kalau Rajo Nan Panjang menjadi suami
dari putrinya. Setelah sampai ditempat yag telah ditentukan yaitu di padang pahunan disana mereka mulai
membicarakan maksud dari Rajo Nan Panjang tersebut. Kemudian Rajo Nan Panjang menanyakan
jawaban pertanyaannya yang kemaren kepada Rajo Babandiang. Kemudian Rajo
Babandiang menjawab dengan tegas kalau anaknya tersebut tidak cocok dengan Rajo
Nan Panjang yang umurnya sudah tua dan memiliki istri dimana-mana. Kemudia Rajo
Nan Panjang naik darah menderngar jawaban tersebut. Kaerana dengan tidak senag
hatinya lalu Rajo Nan Panjang membunuh Rajo Babandiang tersebut dengan
mengunakan bedil.
Beberapa saat kemudian kabar meninggalnya Rajo
Babandiang sampai juga ke telingga Sabai Nan Aluih dan keluarga. Dengan
perasaan emosi dan marah Sabai Nan Aluih pergi melihat ayahnya tersebut.
Setelah sampai di di padang pahunan dia melihat ayah nya yang sudah tidak
bernyawa lagi, dan dia tidak melihat Rajo Nan Panjang. Kemudian Sabai Nan Aluih pergi kerumah Rajo
Nan Panjang, disana dia hanya melihat istrinya Rajo Nan Panjang. Dan beberapa
saat kemudian Rajo Nan Panjang keluar
juga dari dalam rumahnya. Dengan rasa benci dan emosi yang bergejolak Sabai Nan
Aluih memaki Rajo Nan Panjang. kemudian sabai nan aluih nmenembak kan pula
kepada Rajo Nan Panjang dan beberapa saat kemudian Rajo Nan Panjang jatuh dan
tak baernyawa lagi. Dengan senang hati Sabai Nan Aluih pulang kerumah dengan
senang hati kaerena Rajo Nan Panjang sudah meninggal. Tetapi istri Rajo Nan
Panjang tidak terima semua ini, kemudian istrinya tersebut mamaki-maki Sabai
Nan Aluih. Tapi sabai nan aluih tidak menghirau kannya.
2. Data
Dari cerita kaba Sabai Nan Aluih dapat
diambil peajaran kalau perempuan pada zaman dahulu, hanya untuk menunggu rumah
gadang, tidak boleh ikut campur urusan laki-laki. Karena kaum laki-laki
memandang perempuan tersebut sangat lemah bisa dilakukan semena-mena
terhadapnya. Tapi dalam cerita kaba ini hal tersebut sangat bertolak belakang, Sabai
Nan Aluih sebagai perempuan dalam kaba ini yang sangat kuat dan patang
menyerah.
dia bisa melakukan urusan yang juga urusan
laki-laki. Tampa takut dengan apa yang dilakukannya.
3.Pembahasan
Teori strukturalisme merupakan teori
yang memebahas unsure instrinsik karya
sastra. Dalam teori ini dijelaskan bahwa
dalam menganalisis salah satu unsur dalam karya satra harus berhubungan dengan
unsur-unsur lain. Misalnya analisis
terhadap penokohan, tidak mungkin terpisah dengan unsur-unsur lainnya.
Penokohan tidak dapat dipahami tanpa menghubungkannya dengan unsur-unsur yang
lain,seperti kejadian , latar, plot, dan sebagainya.
a)
Judul
Sesuai dengan cerita, kaba ini berjudul
“Sabai Nan Aluih”, yang merupakan kaba klasik Minangkabau yang ditulis oleh M.Rasyid
Dt. Rajo Pengulu yang diterbitkan oleh Kristal Multimedia Pada tahun 2011 di
Bukittinggi
b)
Tema
Dari cerita kaba secara keseluruhan , maka
disimpulkan bahwa kaba ini memiliki tema,
“ Wanita Yang
Pemberani”
c)
Tokoh
Menurut analisis instrinsik yang
dilakukan terhadap kaba siumbuik mudo,
ditemukan bahwa Sabai Nan Aluih merupakan tokoh utama dalam kaba ini. Hal ini terlihat dari pemaparan cerita oleh
penulis yang menjadi Sabai Nan Aluih sebagai pusat penceritaandan paling banyak
berhubungan dengan tokoh lain, selain itu Sabai Nan Aluih paling banyak
memerlukan waktu penceritaan.
Secara psikologis, tokoh Sabai Nan Aluih
diceritakan sebagai seorang perempuan, yang masih belia. Yang memiliki wajah yang cantik dan
baik hati. Hal ini dijelaskan dalam kutipan kaba “badannyo rampianglamah
sumampai, mukonyo bunda daun bodi, rambuik karitiang galuang tigo, kaniangnyo kiliran taji, mato
ketek jo lindoknyo , pancaliak-an sirauik jatuah , bulu mato samuik bairiang,
talinggo jarek tatahan, pipinyo pauh dilayang, hiduang bak dasun tungga,
muluiknyo dalimo rangkah, bibianyo asam sauleh, gigi rapek putiah manggewang,
lidahnyo mampalam masak, daguaknyo bak
labah bagantuang, kulik nan kuniang kamerahan,
bak udang kapalang panggang, jarinyo aluih bak duri landak, karek kuku
bak buklan ka habih, batihnyo bak paruik padi, tumik nan bagai talua buruang.
Garak gariknyo sagalo aluih, sampai kapado tagua sapo sarato budi dangan baso.
Secara sosiologi djelaskan tokoh Sabai
Nan Aluih berasal dari keluarga yang serba berkecukupan dan keluarga yang terpandang dalam nagari.
Sabai nan aluih merupakan orang yang
penurut dengan orang tua, apa yang diinginkan kan kedua orang tuaya selalu
diturutinya. Tapi disisi lain sabai nan aluih juga memiliki watak keras hal ini
terlihat dalam cerita kaba ketika sabai nan aluih mengetahui bapaknya meninggal setelah diditembak oleh rajo nan
panjang. Dan Sabai Nan Aluih tidak menerima semua itu. Dan akhirnya sabai nan
aluih dengan emosinya menembak rajo nan panjang dan akhirnya meninggal.
Selain tokoh utama, yaitu Sabai Nan Aluih dakam kaba
ini juga diceritakan tikoh yang lainnya. Dalam kaba ini tokoh tambahan
diantaranya adalah:
Ø Sandun Saribai, yaitu
merupakan mandeh dari Sabai Nan Aluih secara fisiologis Sandun Saribai adalahseorang wanita yang
memiliki dua orang anak. Sandun Saribai dalam kaba ini disebutkan juga bahwa
dia sangat baik dan perhatian kepada keluarganya. Terutama kepada kedua
anaknya. Hal ini terlihat dalam paparan cerita kaba sebagai berikut :
“Dangalah dik anak mandeh katokan, kok naiak uarang ka
ateh rumah, bia inyo rancak atau buruak, sambuiklah jo muko manih, mintak
duduak inyo dahulu, latakkan siriah ka dikunyah, latakkan ayia ka diminum,
pinang kok alah digatoknyo, tanyo di anak baiak-baiak, apo ujuik jo sangajo”.
Watak Sandun Saribai, dalam kaba ini diceritakan
sebagai tokoh yang bersifat penuh keibuan, dia sangat lembut dan pemurah hati.
Dan ramah kepada siapa saja dan suka menolong. Hal ini terlihat dalam cuplikan
kaba berikut :
“……tampek batanyo dek rang kampuang, tampek miskin
salang tenggang”.
Ø Rajo Babandiang,
merupakan bapak dari Sabai Nan Aluih. Secara fisiologis diceritakan bahwa Rajo
Babandiang, selai seorang bapak dia juga sebagai datuak sebagai pemimpin dalam nagari. Dalam kaba
dijelaskan Rajo Babandiang, memiliki watak yang tegas, da sangat memanjakan
kedua anaknya. Hal ini terlihat dalam cuplikan kaba berikut :
“biakan mankutak pai main, baraja raso jo pareso,
kok mujua baranak laki-laki, jadi kinantan Gombak bauak, putiah cotok putiah
ranggah, pahuni lasuang di laman”.
Dan juga terlihat dalam kaba:
“Tarapuang daun langgudi
Pulasan ambiak kapanalok
Kacipuang pamenan mandi
Rasian pamenan lalok”
Secara sosiologi Rajo Babandiang, adalah laki-laki yang
sangat baik dan dikenal siapa saja
karena kepemimpinannya. Dia adalah pemimpin yang sangat disegani oleh
masyarakat. Rajo Babandiang, sangat
bijak dalam mengambi keputusan hal ini
sangat terlihat dalam pengalan kaba berikut :
“Manolah Tuanku Rajo Nan Panjang tantang rundiangan
nan tuan sabuik , kok didanga alah elok buni, kok dipandang alah elok rupo,
dikubak kulik diambiak isi, Tuan nak jadi minantu ambo, elok sungguah di
pandang urang, angkuah tabaok tampan tingga.”
Ø Mangkutak Alam adalah
saudara dari Sabai Nan Aluih. Secara
fisiologis Mangkutak Alam adalah seorang laki-laki, yaitu saudara
satu-satunya Sabai Nan Aluih . Secara
sosiologi Mangkutak Alam adalah orang yang baik dan sangat manja. Dalam kaba
ini diceritakan bahwa Mangkutak Alam memiliki watak penakut. Hal ini terlihat
dalam cuplikan berikut :
( Dijawab jdengan wajah pucat ketakutan )
“ jan lah aciak bangih
juo, denai ndak pandai malapeh badia, Aciak
lah samo tahu juo, denai biaso ba alang-alang.”
Ø Rajo Nan Panjang,
merupakan orang yang keras wataknya dalam cerita. Apapun yang didingikan harus
dipenuhi, termasuk memiliki istri lebih dari satu. Dijelaskan dalam cerita kaba
ketika Rajo Nan Panjang mengginginkan Sabai Nan Aluih sebagai istri. Rajo Nan
Panjang tetap bersikeras menjadikan pada pendiriannya tanpa melihat umurnya dan
dia hanya membanggakan hartanya. Hal ini terlihat dalam kutipan kaba beriku:
“ Apo nan kurang pado
denai,” pikianyo rajo nan panjang. “kok sawah bajanjang-janjang, rankiang
ranjuang lumbuang pun bapereang.”
Selain itu Rajo Nan Panjang tidak bertanggung jawab
atas apa yang dilakukannya dan dia juga tidak memikirkan orang lain.
Ø Rajo Nan Kongkong,
adalah sahabat Rajo Nan Panjang, memiliki watak keras,pemarah, tidak memikirkan
orang lain. Menyelesaikan masalah dengan cara kekerasan. Seperti terlihat dalam
teks berikut :
“ Tuanku rajo babandang, elok langkah diganjua suruik,
antah idak ibo nyawo malayang.”
Ø Lompong Batuah, adalah
sahabat dan juga sebagai orang kepercayaan Rajo Nan Panjang. Secara fisiologis
Lompong Batuah adalah seorang laki-laki,dia dianggap sebagai tangan kanan Rajo
Nan Panjang.
Secara sosiologis dikatakan, bahwa Lompong Batuah adalah
laki-laki yang jahat, sama halnya dengan Rajo Nan Panjang. Disisi lain Lompong
Batuah juga penakut. Hal tersebut terlihatdalam kutipan kaba berikut :
“ maliek Palimo Padag Tarok, tabiik ganta timbua lah
takuik, diganjua langkah kabalakang, sapatah tidak bakato lai.”
Ø Palimo Banda dalam, yaitu
merupakan sahabat dari rajo nan panjang, secara fisikologis Palimo Banda adalah
seorang laki-laki, dia sahabat dari rajo nan panjang tapi dia baik kepada Rajo Babandiang. Secara
sosiologis dia adalah seorang panglima dari Rajo Nan Panjang.
Ø Palimo Padang Tarok,
adalah sahabat dari Rajo Nan Babadiang, secara fisikologis Palimo Padang Tarok adalah
seorang laki-laki, dan secara sosiologis dia adalah panglima dari Rajo Babandiang. Wataknya yaitu sebagai panglima yang patuh
kepada Rajo Babandiang.
Ø Narawatu, adalah istri
dari Rajo Nan Panjang. Secara fisikologis Nawarutu adalah seorang wanita,
Nawarutu orangnya pemarah. Hal ini terlihat
dalam kutipan cerita kaba berikut :
“ mukonyo nyalo bak bungo rayo, paluah manjangek limau puruik, bakato sadang
sunguik-sunguik.”
Secara sosiologis Nawaratu adalah seorang ibu rumah
tangga, yang sangat sayang dan setia
kepada Rajo Nan Panjang.
Ø Bujang Selamat, yaitu berperan sebagai orang yang dipercaya oleh Rajo
Babandiang. Secara fisikologis Bujang Salamat adalah seorang laki-laki. Namun
secara sosiologis dia adalah yang membawa barang yang diperlukan oleh Rajo
Babandiang kalau bepergian. Hal ini
terlihat dalam cuplikan cerpen berikut :
“ katangah si
bujang salamat dibuka malah unjuik sirah,……..”
d)
Alur
Alur dalam cerita pada kaba Sabai Nan Aluih memiiki alur maju yang jelas
penyelesaiannya dari awal sampai akhir. Hal ini terlihat dari segi penceritaan
yang pada bagian pertama dijelaskan pada bagian awal tentang gambaran sabai nan
aluih sebagai tokoh utama, selain itu dijelaskan juga gambaran latar, alur dan
tokoh lain sebagai tokoh tambahan. Kemudian ada tahap kedua dijelaskan tentang
puncak masalah dan pada tahap ketiga penyelesaian masalah. Kaidah pada alur
kaba sabai nan aluih ini bisa diterima oleh akal. Penceritaan pada kaba ini
tergolong pada diaan yang serba tahu yang berada diluar certa kaba itu sendri.
Ending dari cerita kaba ini berakhir dengan sedih dengan dan penyelesaian yang
jelas.
e)
Latar
a.
Latar tempat
Menurut isi cerita, latar atau tempat kejadian yang
ada dalam kaba ini terbagi atas :
Ø Nagari Padang Tarok,
agam yang merupakan tempat tinggal Sabai Nan Aluih dan orang tua dan adiknya Mangkutak
Alam.
Ø Situjuah Banda
Dalam,Luhak Limopuluah Koto yang merupakan tempat Tinggal Rajo Nan Panjang.
Ø Di Padang Pahunan yang
merupakan tempat pertemuan antara Rajo Babandiang Dengan Rajo Nan Panjang.
Ø Dirumah Narawatu
b.
Latar waktu
Menurut latar waktu, nagari Padang Tarok
merupakn tempat tinggal sabai nan aluih basamo kedua orang tuanya dan seorang
adiknya., latar disini terjadi setiap hari. Pada tengah hari disawah nan bunta
tempat mangkutak alam bermain layang-layang. Di Situjuah Banda Dalam,tempat Rajo
Nan Panjang memerintah latar ini terjadi setiap hari.
Di Padang Pahunan yaitu tempat dimana
pertemuan antara rajo babandiang dengan Rajo Nan Panjang yang terjadi pada
siang hari untuk menceritakan lamaran Rajo Babandiang terhadap Sabai Nan Aluih.
Di rumah gadang nawaratu tempat sabai nan aluih menembak rajo nan panjang.
c.
Latar sosial
Kehidupan masyarakat pada peristiwa
seperti ini terjadi pada peristiwa
beberapa tahun yang lalu. Hal ini terbukti dengan adanya kuda sebagai
alat angkutan pribadi. Selain itu adanya panggilan angku untuk laki-laki yang merupakan
panggilan yang dipergunakan pada zaman yang sudah lama sekali dan panggilan itu
sudah jarang sekali ditemui pada masyarakat Minangkabau sekarang.
f)
Amanat
Amanat yang terdapat dalam cerita ini antara lain:
Ø Jangan lah terlalu
memanjakan diri
Ø Fikirkan juga orang
lain saat memikirkan diri sendiri
Ø Tenangkan hati saat
emosi
Ø Jangan campurkan emosi
dengan nyawa orang lain
Ø Jalankan tanggung jawab
rumah tangga dengan sepenuhnya
Ø Jangan menyepelekan
suatu masalah
Ø Jangan pikir semua
orang itu sama
g)
Gaya bahasa
Gaya bahasa yang terdapat dalam kaba ini
sangat beragam. Untuk mendeskripsikan keadaan fisik atau raut wajah sseorang,
kaba ini menggunakan gaya bahasa perumpamaan. Untuk menjelaskan kecantikan Sabai
Nan Aluih dikatakan ““badannyo rampianglamah sumampai, mukonyo bunda daun bodi,
rambuik karitiang galuang tigo,
kaniangnyo kiliran taji, mato ketek jo lindoknyo , pancaliak-an sirauik jatuah
, bulu mato samuik bairiang, talinggo jarek tatahan, pipinyo pauh dilayang,
hiduang bak dasun tungga, muluiknyo dalimo rangkah, bibianyo asam sauleh, gigi
rapek putiah manggewang, lidahnyo
mampalam masak, daguaknyo bak labah bagantuang, kulik nan kuniang
kamerahan, bak udang kapalang panggang,
jarinyo aluih bak duri landak, karek kuku bak buklan ka habih, batihnyo bak
paruik padi, tumik nan bagai talua buruang. Garak gariknyo sagalo aluih, sampai
kapado tagua sapo sarato budi dangan baso.
PENUTUP
ü Kesimpulan
Kaba merupakan karya sastra Minangkabau yang berbentuk prosa. Didalam
kaba banyak terdapat ajaran-ajaran moral dan nasehat yang terkait dengan budaya
alam Minangkabau. Secara keseluruhan kaba mencakup dengan gambaran situasi
masyarakat Minangkabau. Namun pada saat ini, ditengah-tengah hadirnya
prosa-prosa modern seperti novel dan prosa lainnya. Kaba sebagai sastra klasik
tidak begitu diminati oleh masyarakat sekarang. Hal ini juga dipengaruhi oleh
bahasa asli Minangkabau itu sendiri yang ada pada cerita kaba sulit untuk di
pahami. Karena pada saat sekarang ini orang lebih mudah mengerti bahasa
Indonesia disbanding bahasa Minangkabau.
ü Saran
Seharusnya kaba sebagai karya sastra minangkabau
tidak hilang, dan bisa dikenal serta diminati oleh masyarakat sekarang,
walaupun ditengah perkembangan zaman seperti saat ini. Seharusnya pemerintah
daerah bisa membuat cerita kaba itu lebih menarik. Misalnya cerita kaba itu
ditampilkan dalam sebuah seni tradisi Minangkabau dan diadakan setiap
minggunya. Hal ini bisa memicu daya tarik masyrakat pada cerita kaba ini. agar
cerita itu dari waktu ke waktu semakin dikenal oleh masyarakat sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
Kutha Ratna,Nyoman.2004.Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra.Yogyakarta:Pustaka
Pelajar.
http://kafeilmu.com/2012/02/pengantar-teoristruktural_srukturalisme.html
terimakasih.....
BalasHapusteh mohon ijin ngutip. heheheheheh :v
HapusTolong Background nya di ganti...
BalasHapusmalah membuat tidak nyaman...
malah keliatan lebay wkwkwkk